الأربعاء، 1 فبراير 2017

Cara mudah atasi gagal unlock bootloader Xiaomi 100% berhasil


Dadroidrd.com, Seperti yang telah kalian ketahui bahwa produk smartphone terbaru Xiaomi saat ini di jual tidak lagi dalam keadaan unlock bootloader seperti seri terdahulunya, dengan artian saat ini semua produk Xiaomi terbaru di jual dalam kondisi locked bootloader, jadi untuk bisa mendapatkan device dalam keadaan unlock bootloader kalian harus melakukan unlock ini secara manual.

Umumnya untuk melakukan unlock bootloader Xiaomi ini tidaklah begitu sulit, karena semua tutorial dan bahannya sudah secara resmi di dukung oleh pihak Xiaomi, tetapi mudah belum tentu berhasil 100%, karena sampai saat ini sangat banyak kasus yang terjadi pada pengguna Xiaomi di luar sana yang nyatanya gagal dalam melakukan unlock bootloader, bukan hanya sekali tetapi dalam beberapa kali percobaan.

Baca juga :
Cara unbrick atau fastboot Xiaomi Redmi 4 Prime

Meski akhirnya device tetap dapat di unlock dengan berbagai trik seperti memasang ROM versi developers atau melakukan cara lainnya termasuk cara unofficialnya, ternyata untuk bisa sukses 100% dalam melakukan unlock bootloader ini sangat mudah dan simple, sebagai buktinya saya sendiri yang telah mengalaminya, dari 7 percobaan gagal unlock pada device Xiaomi yang saya miliki, setelah menerapkan cara ini dalam satu kali percobaan sudah berhasil dengan sempurna, dan juga cara ini juga sudah banyak di buktikan oleh para member dari komunitas MIUI juga.

Kasus yang kerap terjadi adalah gagalnya unlock bootloader pada aplikasi Mi Flash Unlock pada persentasi 50%, tetapi ada juga yang gagal tanpa timbul persentasi, karena devicenya belum bisa terhubung ke PC, dengan demikian perlu kalian pastikan sebelum melakukan cara ini ada beberapa persiapak yang harus kalian penuhi, jika tidak maka tidak ada jaminan akan berhasil 100%, syaratnya adalah :
1. Kalian sudah melakukan request unlock dan sudah mendapat persetujuan approve untuk unlock bootloader dari SMS Xiaomi.
2. Mi Account yang di daftarkan untuk request unlock harus log-in pada device Xiaomi kalian.
3. Alat dan bahan untuk unlock bootloader sudah siap, seperti kabel USB, baterai smartphone terisi penuh dan juga terkoneksi ke Internet.
4. Backup data kalian sebelum melakukan cara di bawah ini.

Jika ketiga syarat diatas sudah terpenuhi maka kalian sudah siap melakukan unlock bootloader dengan persentasi 100%, juga tutorial ini bisa di terapkan pada semua jenis versi MIUI, terdapat 2 cara pada tutorial ini yaitu adalah :

Baca juga :
Cara unlock bootloader Xiaomi Redmi 4 Prime

Factory reset smartphone Xiaomi kalian sebelum melakukan unlock
Cara ini adalah cara efektif yang pertema, dan jangan salah factory reset yang di maksud disini di lakukan dari aplikasi settings, bukan dari recovery bawaan atau custom recovery, jadi pengguna locked bootloader Xiaomi, di pastikan akan tetap bisa melakukan factory reset ini, langkah dalam melakukannya adalah :
1. Masuk pada aplikasi Settings>>Additional settings>Backup & reset>>Factory data reset>>Reset phone (kasus dalam MIUI 8)
2. Metode ini akan menghapus semua data dan aplikasi kalian pada internal memory, jadi backup dulu sebelum melakukannya, mengapa ini di perlukan karena disini triknya device Xiaomi kalian harus bersih dari semua settingan dan account yang terhubung.
3. Jika sudah selesai reboot, segera log-in ke Mi Account yang telah kalian daftarkan untuk request unlock bootloader, ingat hanya Mi Account saja yang di log-in kan, untuk account yang lain tidak perlu.
4. Jika Mi Account sudah log-in dengan baik, selanjutnya kalian perlu masuk ke aplikasi settings lalu masuk ke Additional settings>>Developer options, pada tahap ini USB Debugging dan OEM Unlocking harus di aktifkan.
5. Terakhir lakukan unlock bootloader
6. Selesai dan selamat device kalian sudah berhasil unlock bootloader, selanjutnya gunakan saja seperti biasanya.

Baca juga :
Cara fastboot Xiaomi Redmi Note 4

Fastboot device Xiaomi kalian sebelum melakukan unlock bootloader
Cara kedua ini pada dasarnya sama saja seperti cara pertama hanya saja, pada metode fastboot ini semua data akan lebih bersih dari pada melakukan factory reset seperti cara pertama, dan ini adalah metode yang saya rekomendasikan jika ingin melakukan unlock bootloader sukses 100%, untuk pilihan ROM kalian bisa gunakan versi apa saja, bisa itu Global jika tersedia, bisa juga ROM versi Developers atau Stable, untuk melakukan fastbootnya gunakan saja metode EDL jika device kalian bermesain Qualcomm Snapdragon, namun jika Xiaomi kalian bermesin MediaTek fastboot saja seperti biasa dengan aplikasi SP Flash Tool, Khusus pengguna device Xaomi bermesin Qualcomm lakukan fastboot dengan script flash_all.bat atau script yang dapat menghapus bersih data kalian pada memory internat, jika sudah melakukan fastboot ikuti sama persis seperti yang sudah di jelaskan pada cara nomor satu, dan di mulai dari step-3 sampai selesai.

Dengan demikian masalah unlock bootloader Xiaomi yang gagal di 50% atau gagal tanpa status bisa kalian atasi, yang perlu kalian lakukan ialah teliti dan hati-hati dalam melakukan kedua cara diatas, dan sekali ini backup data kalian sebelum melakukan tutorial ini, karena di pastikan data dan aplikasi kalian kemunginan akan hilang selamanya, jadi bijaksana lah.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق